fbpx

Proses Masuk SNMPTN vs Kuliah Ke Luar Negeri, Mana Yang Lebih Mudah?

image source : https://depositphotos.com/51789297/stock-photo-confused-student-girl-thinking-about.html

Banyak yang mengira bahwa kuliah ke luar negeri itu ribet. Entah itu ribet dalam pengurusan dokumen, keberangkatan, hingga dana yang tidak terduga lainnya. Apakah begitu kenyataannya? Semua itu tidak akan begitu rumit jika kamu mengetahui triknya.

Mengurus segalanya sendiri membutuhkan waktu dan perjuangan ekstra. Sehingga kamu harus memanfaatkan link yang sudah kamu bangun. Lalu, bagaimana jika kamu tidak memilikinya? Tenang, itulah gunanya kehadiran konsultan pendidikan.

Ya, konsultan pendidikan akan membantumu keluar dari segala hambatan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Apakah nantinya kamu akan terbantu? Coba crosscheck poin berikut jika kamu masih meragukannya.

 

Seperti Apa Prosedurnya?

Beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan; apakah memilih kuliah di luar negeri atau mengikuti SNMPTN?

Mari kita melihat seperti apa prosedurnya!

Jika kamu memilih mengikuti SNMPTN, kamu akan diminta untuk melihat jadwal pelaksanaannya terlebih dahulu. Karena pendaftaran hanya bisa dilakukan jika waktunya telah tiba. Setelah itu, penuhi persyaratannya yang meliputi pilihan perguruan tinggi negeri yang kamu tuju, rapor dan nilai lainnya, resume, dan lainnya. Isi form pendaftaran secara online di laman resmi SNMPTN dan verifikasi bidikmisi (jika kamu mengikuti).

Jika semua data sudah benar, lakukan finalisasi. Setelah itu, kamu bisa mencetak kartu pendaftaranmu. Selamat!

 

Lalu, bagaimana dengan proses pendaftaran kuliah ke luar negeri? Agar pengurusan kuliah ke luar negeri berlangsung nyaman, kamu dapat meminta bantuan konsultan pendidikan. Nantinya, konsultan pendidikan akan memintamu untuk memilih jurusan dan universitas pilihan, negara tujuan, mempelajari segala prosedur dan persyaratan kuliah ke luar negeri, dan rutin berkonsultasi. 

image source : https://blogin.co/blog/how-to-write-excellent-procedures-that-your-team-will-love-40/

Setelah kamu dipastikan lulus di universitas tujuan, kamu akan diminta untuk mengikuti les bahasa nasional negara tujuanmu. Ini persyaratan yang tidak akan diminta jika kamu mengikuti jalr SNMPTN. Tenang, ini bagian dari nilai plusnya karena kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa baru.

 

 Apa yang Mesti Dipersiapkan?

Persyaratan melanjutkan kuliah ke luar negeri memang terbilang rumit. Namun, kamu dapat menikmati kemudahan kuliah ke luar negeri dengan bantuan konsultan pendidikan.

Beberapa hal yang mesti kamu persiapkan adalah memperhatikan deadline atau jangka waktu pendaftaran, resume yang berisi pengalaman magang dan segala hal positif yang memperlihatkan kompetensimu, personal statement, surat rekomendasi, menunjukkan bukti kemampuan berbahasa asing dengan sertifikan IELTS, TOEFL, dan sejenisnya.

image source : https://www.studying-in-germany.org/requirements-to-study-in-germany-for-indian-students/

Apakah kamu sudah mendapatkan gambarannya? Sebenarnya, kuliah ke luar negeri itu tidak serumit yang kamu pikirkan. Bahkan, prosedur SNMPTN lebih menguras tenaga dan waktu yang lama. Sehingga, tidak ada salahnya untuk memutar haluan ke luar negeri. Prospek masa depannya juga jelas dan semua keraguanmu akan hilang ketika kamu memutuskan untuk mengonsultasikannya bersama NIEC. Yuk kunjungi NIEC di www.niecindonesia.com.

 

Source:

https://www.google.com/amp/s/www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/university-applications/proses-pendaftaran-ke-universitas-luar-negeri/%3famp=true

https://www.google.com/amp/s/www.cermati.com/artikel/amp/cara-daftar-snmptn-2020-terlengkap-cek-juga-jadwal-dan-cara-pilih-ptn

 

Oleh : amyarie

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Menarik Lainnya

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    ×