fbpx

Pengalaman Pelajar Indonesia di Kanada Selama Masa Karantina Covid-19

image source : https://nationalpost.com/news/canada/10-3-podcast-how-canada-could-reopen-after-covid-19-lockdown

Semenjak kasus persebaran virus Corona menyebar semakin pesat ke berbagai Negara, terdapat berbagai cerita seru mengenai cara pemerintah menangani dan menekan jumlah angka kasus ini. Dan yang tak kalah seru adalah bagaimana masyarakat menghadapinya, tak terkecuali bagaimana pelajar Indonesia yang sedang belajar di luar negeri.

Jika kamu penasaran bagaimana mereka bertahan selama masa karantina Covid – 19, simak yuk bagaimana Fansi Lantana menghadapi ancaman Covid -19 selama belajar di Kanada.


Kelas Online

Seperti halnya pelajar di belahan bumi lainnya, Lantana, sapaan akran Fansi Lantana, diwajikan pihak kampus untuk melakukan kegiatan belajar dengan mengikuti kelas online. Dalam video berjudul ‘Corona Virus Self Quarantine Experience in Toronto Karantina Isolasi di Toronto| Fansi Lantana’ yang diunggah di channel pribadinya bernama Fansi Lantana, ia menceritakan bahwa ia merasa sedikit kesulitan pada awalnya.

Bahkan tak jauh beda dari pelajar di Indonesia, Lantana juga menceritakan bahwa ia mendapat lebih banyak tugas dari dosen – dosennya semenjak belajar di rumah diwajibkan pemerintah. Namun ia juga tak memiliki pilihan lain selain tetap mengerjakan apapun yang diminta para dosen. 

Employee Insurance

image source : http://www.ottawaemploymentlaw.com/2013/09/dude-wheres-my-roe.html

Selain berstatus mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Kanada, Lantana juga mengambil pekerjaan paruh waktu. Di video tersebut, Lantana menceritakan dirinya mengambil pekerjaan paruh waktu di sebuah brand fashion kenamaan asal Eropa, HnM.

Namun selama masa pandemi, pihak toko pun merumahkan semua pegawainya, termasuk Lantasa. Sehingga ia tak memiliki penghasilan seperti biasa. Tapi pemerintah Kanada nampaknya tetap bertanggung jawab dengan kesejahteraan masyarakat, baik yang lokal maupun pendatang. Lantasa sendiri menerima Employee Insurance, berupa uang bulanan agar ia tetap bisa berbelanja untuk kebutuhan hidup. Tak hanya itu, pihak toko HnM juga memberikan uang pesangan untuk kebutuhan selama dua minggu. Cukup lumayan untuk pelajar asal Indonesia di Kanada, bukan?


Sistem Physical Distancing di Supermarket

Karena Covid-19 adalah virus yang menyerang respiratori manusia, maka physical distancing juga diberlakukan di Kanada. Ketika berbelanja di supermarket, semua toko mewajibkan pengunjung untuk tertib melakukan antrean dan menjaga jarak 1Meter. Tak hanya itu, pengunjung juga dibagi menjadi beberapa gelombang yang dibatasi waktu dan jumlah tertentu untuk berbelanja.

Oleh : Lia

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Menarik Lainnya

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    ×