fbpx

Pandemi COVID-19 di New Zealand: Apa Kabar Mahasiswa Indonesia di Sana?

image source : https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/new-zealand-no-new-covid-19-cases-for-15-days/1867183

Kuliah di luar negeri menjadi tantangan tersendiri bagii mahasiswa Indonesia. Mulai dari mengurus pendaftaran, pendanaan, kebiasaan yang berubah, hingga lingkup social yang juga mengalami pergeseran. Jangan kaget bila kamu akan merasakan culture shock begitu pertama kali mengikuti kuliah di luar negeri.

Tapi, jangan pernah mengkhawatirkan hal buruk yang akan terjadi. Kamu tidak akan sendiri. Konsultan pendidikan akan menemanimu mewujudkan impianmu sesegera mungkin. Lalu, apakah ini juga berlaku selama masa pandemic?

Tentu saja iya. Namun kamu juga harus mematuhi peraturan pemerintah di sana. Dalam hal ini, New Zealand tidak pernah main-main dalam mengeluarkan kebijakan. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan segala kemungkinan yang terjadi. Tetap kuat dengan apapun yang terjadi. Tiga hal berikut adalah langkah tepat yang patut kamu pedomani agar kuliah di luar negeri terkendali.


Taat Pemerintah

Sebagai mahasiswa yang kuliah di luar negeri, perlu kamu ketahui bahwa New Zealand merupakan salah satu negara yang siap dalam menghadapi kasus COVID-19 ini. Seperti halnya penerapan kebijakan lockdown. Lantas, apa yang harus dilakukan? Kamu hanya harus berusaha untuk memastikan segala seuatu termasuk pembelajaran berrlangsung dari rumah.

image source : https://time.com/5824042/new-zealand-coronavirus-elimination/

So please, kamu tidak perlu bepergian kemana pun jika itu tidak dalam keadaan genting. Upayakan untuk tetap aman dan jaga kesehatan.


Pemerintah Yang Peduli Dan Tanggap

Di samping warganya yang taat pada kebijakan pemerintah, Perdana Menteri New Zealand juga peduli dan tanggap.
Mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di luar negeri di sana melaporkan bahwa Jacinda Ardern rela turun ke jalan menyapa warga dan memberi pendidikan tentang
COVID-19 ini.


Berhenti Bersikap Represif

Sekalipun tindakan karantina hingga menutup akses ke luar masuk New Zealand membuat mahasiswa Indonesia merasa terkekang, ini adalah hal yang benar-benar disarankan.

Untuk saat ini, kebijakan demikian merupakan hal terbaik. Terkekang di masa karantina seperti ini memang hal yang wajar. Namun mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri berinisiatif dengan tindakan nyata. Seperti halnya berkontribusi dalam program Student Volunteer Army. Program ini dilakukan untuk membantu warga yang mengalami kesulitan akses distribusi kebutuhan pangan.

image source : https://iu.co.id/id/6-cara-mengelola-kecemasan-agar-tetap-tenang/

Lockdown hingga kebijakan lainnya diberlakukan pemerintah untuk menekan angka persebaran COVID-19. Meskipun demikian, kamu tetap dapat menjalani kuliah di luar negeri dengan mengikuti kelas online.

Agar keadaan tetap aman dan terkendali, pastikan bahwa dirimu adalah mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri yang taat aturan pemerintah setempat. Jika kamu kebingungan, kamu dapat menghubungi konsultan pendidikan seperti NIEC untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. NIEC sudah dipercaya lebih dari sepuluh tahun dalam membantu mewujudkan pendidikan impianmu. Yuk daftar sekarang!


Source:

http://detikindonesia.co/2020/04/08/belajar-dari-new-zealand-cerdas-menyikapi-covid-19/

cnbcindonesia.com


Oleh : Azmi.

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Menarik Lainnya

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    ×