Australia

Guide to Living and Studying​

Overview

Australia merupakan negara tujuan populer siswa international untuk belajar. Selain karena peringkat universitasnya yang tinggi dan berkualitas, juga karena kondisi tinggal di Australia yang nyaman. Australia menawarkan lebih dari 1,200 sekolah dengan lebih dari 22,000 jurusan yang bisa kalian pilih sesuai minat. Menariknya lagi, kalian juga mendapat kesempatan bekerja setelah lulus kuliah.

Mengapa Australia ?

Australia merupakan negara tujuan terpopuler keempat untuk siswa international. Selain karena peringkat universitasnya yang tinggi dan berkualitas, juga karena kondisi tinggal di Australia yang nyaman selain itu juga pendidikan di Australia sudah diakui secara international loh.

Kerja sambil belajar. Australia merupakan salah satu negara yang memperbolehkan siswa international untuk bekerja di Australia sambil bekerja jadi selain kalian mendapatkan ilmu pendidikan di sana, kalian juga akan bisa belajar untuk menjadi mandiri.

Iklim di Australia

Australia merupakan negara dengan iklim yang terunik dengan cuaca relative stabil yang di mana tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas seperti di negara lainnya. Australia memiliki 4 musim yaitu musim semi ( september – november ), musim panas ( desember – februari ) biasanya suhu di musim panas sekitar 35 – 40 derajat jadi ingat gunakan sunblock dan lotion pelembab kulit ya, musim gugur  ( maret – mei ), dan yang terakhir musim dingin ( juni – agustus ).

Kuliah di Australia itu susah ?

Beberapa langkah mudah untuk belajar di Australia dengan NIEC Indonesia. Meskipun menyenangkan untuk memutuskan belajar di Australia, kami memahami bahwa terdapat banyak hal  yang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan. NIEC Indonesia ada di sini untuk memberikan panduan dan dukungan yang tepat saat kalian akan memulai pendidikan di Australia. Panduan ini akan menguraikan langkah – langkah yang harus diikuti untuk memulai pendidikan internasional kalian.

Mungkin ada sedikit berbeda dengan pendaftaran sekolah maupun kuliah di Indonesia dibandingkan dengan kuliah di Australia sepertinya halnya kamu membutuhkan tes IELTS/TOEFL maupun mempersiapkan passport

  1.  Lakukan Test IELTS / TOEFL
    Setiap universitas akan memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon siswa disana, beberapa dapat menggunakan internal placement test sedangkan yang lainnya akan mewajibkan menggunakan IELTS/TOEFL. Sebelum itu pasti kalian bertanya – tanya apa itu IELTS dan TOEFL? IELTS dan ToEFL adalah tes bahasa inggris yang diakui oleh seluruh dunia.
  2. Buatlah Passport dan persiapkan IjasahSudah pastikan kalau kita keluar negeri, kita membutuhkan passport sebagai persyaratan utama. Nah untuk pembuatan passport tidaklah sesulit yang kalian pikirkan selama ini loh. Kalian hanya butuh mempersiapkan dokumen – dokumen penting antara lain :
    • Akte kelahiran asli beserta fotokopi.
    • Kartu keluarga asli beserta fotokopi.
    • KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) asli beserta fotokopi.
    • Ijazah asli beserta fotokopi.
    Setelah itu kalian tinggal datang ke kantor imigrasi untuk mengisi formulir permohonan paspor, tpi ingat ya datangnya lebih pagi biar kalian tidak mengantri terlalu lama. Kalian juga sekarang sudah bisa melakukan pendaftaran aplikasi pembuatan passport secara online. Untuk informasi pendaftaran passport online kalian bisa mengunjungi di imigrasi.go.id

Setelah kalian sudah memilih kota, jurusan, kampus pilihan dan sudah memenuhi persyaratan pendaftaran, maka kini saatnya kalian mendaftarkan diri ke kampus.

Jika pendaftaran kalian sudah berhasil, maka kalian akan mendapatkan dokumen yang bernama Letter of Offer (LOA) yang diberikan dari kampus yang kalian pilih tapi bukan berarti kalian sudah bisa kuliah di Australia loh. Karena setelah ini kalian harus melakukan pembayaran biaya awal sekolah yang sudah tercantum pada Letter of Offer terlebih dahulu sebelum mendapatkan Certificate of Enrollment.

Nah setelah kalian mendapatkan Certificate of Enrollment atau biasanya di sebut CoE, sekarang lah waktu yang tepat untuk mengajukan Visa kalian. Untuk pengajuan visa sendiri akan dibantu oleh konsultan kami yang hanya perlu kalian siapkan adalah

  • Dokumen Pribadi seperti KTP ( Kartu Tanda Penduduk ), KK ( Kartu Keluarga ), Ijazah, Passport, Foto 4×6 latar belakang putih, dan CV.

  • Dokumen Sponsor seperti fotokopi buku tabungan / deposito, surat keterangan bank, surat usaha / surat keterangan kerja, KTP Sponsor yang biasanya adalah Orang tua.

  • Pengumpulan dokumen pendukung seperti guarantee letter / business plan, setifikat penghargaan / prestasi, sertifikat training / kerja.

  • Kalian kemudian akan di minta untuk melakukan Tes Medis di Rumah Sakit yang sudah di tunjuk di kota masing masing. Perlu Di ingat bahwa hasil tes menis menjadi salah satu penentu keberhasilan Visa Belajar kalian.

Setelah semua dokumen telah dikirimkan, Kalian juga diminta untuk bersiap menghadapi wawancara yang di lakukan oleh imigrasi Australia baik melalui telepon ataupun face to face. Di banyak case, hasil dari interview sangat menentukan keberhasilan Visa Belajar Kalian. Jadi pastikan kalian benar – benar memahami semua tentang persiapan sekolah kalian ke Australia.Tapi jangan khawatir, konsultan NIEC pasti akan membantu kalian dalam persiapan dan latihan menghadapi wawancara tersebut.

Wah akhirnya tiba saatnya kalian melakukan persiapan keberangkatan ke Australia. Dalam tahap ini pastikan kalian sudah mempersiapkan hal – hal ini sebelumnya

  • Tempat tinggal di Australia

  • Informasi tentang Australia

  • Menggunakan transportasi di Australia

  • Cara mencari kerja part time di Australia

  • Aturan aturan yang berlaku di Australia

  • Culture awareness

  • Cara Pengelolaan keuangan dan biaya kehidupan di Austaralia

  • Penjemputan ketika kalian tiba di Australia

School Partner NIEC di Australia

keyboard_arrow_up