fbpx

Mahasiswa Indonesia di Turki Mendapatkan Sembako Gratis Selama Pandemik

image source : https://news.detik.com/internasional/d-4947328/korban-meninggal-corona-bertambah-turki-ingin-segera-rapid-test

Covid-19 memang menggemparkan hampir seluruh bagian di dunia. Wabah yang mulanya ditemukan di daerah Wuhan ini melebar dengan sangat cepat dan masiv karena persebarannya yang menyerang sistem respiratori manusia. Fenomena ini tentu membuat banyak pihak khawatir, terutama bagi mereka yang sedang berada di perantauan. Karena semua Negara telah mewajibkan penduduknya untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak secara fisik. Bahkan pemerintah Indonesia pun melarang masyarakatnya untuk mudik di lebaran tahun ini.

Lantas bagaimana dengan mereka yang sedang merantau di negeri orang? Ketika kasus virus Corona yang menyebar begitu pesat, terlebih jumlah korban yang dinyatakan positif COvid-19 bertambah, pemerintah Turki dengan tegas merumahkan semua masyarakatnya. Tak pandang bulu, semua penduduk baik lokal maupun asing diwajibkan melakukan semua aktivitas di rumah masing-masing. Tak terkecuali mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu tentunya.

Untuk mengetahui jelas bagaimana mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Turkey bertahan, berikut hal yang diungkapkan dalam sebuah kesempatan wawancara antara seorang dosen dan mahasiswa Indonesia di Turkey yang diupload di channel youtube. Berikut ringkasan bagaimana mahasiswa Indonesia di Turkey bertahan selama masa pandemic Covid-19.

 

 Sembako Gratis untuk semua Warga

image source : https://withberlinlove.com/2018/07/11/turkish-market-berlin/

Untuk bertahan hidup, pemerintah langsung memberikan bantuan sembako secara rutin ke seluruh warganya. Baik yang kaya maupun miskin, yang pengangguran maupun yang sudah bekerja, dan penduduk lokal maupun pendatang. Mahasiswa Indonesia juga rutin mendapatkan jatahnya dengan menunjukkan kartu atau nomor penduduk dan tanda tangan setiap kali pengambilan sembako.

 

 Voucher Belanja

Selain mendapatkan sembako gratis. Pemerintah Turkey membagikan voucher belanja untuk semua warganya, termasuk mahasiswa Indonesia. Setiap warga akan diberikan voucher belanja yang setelah dikonversi ke rupiah senilai Rp 250.000. Voucher tersebut bisa digunakan untuk belanja dengan tetap menerapkan jarak minima 1M dengan sesama pengunjung supermarket.


Polisi Membelanjakan Kebutuhan Lansia

Satu hal unik yang membedakan Turki dari Negara – Negara lainnya adalah betapa sigapnya polisi setempat dalam membantu kebutuhan warganya.

Pemerintah memang mewajibkan lockdown, dan hanya boleh keluar rumah hanya untuk kebutuhan mendesak maupun kebutuhan pekerjaan. Namun khusus bagi lansia, pemerintah benar – benar melarang untuk keluar rumah.

image source : https://exbulletin.com/politics/60176?business-services

Bahkan polisi setempat yang turun tangan dalam membelanjakan kebutuhan mereka dan mengantarkan ke depan pintu rumah para lansia.

 

Pemerintah Menanggung Semua kebutuhan dan Perlindungan Selama Covid-19

Pemerintah Turki berkomitmen memenuhi segala kebutuhan penduduknya, termasuk rutin membagikan sembako dan voucher belanja. Bahkan masker pun pemerintahlah yang menyediakan karena sudah ada larangan untuk menjual masker. Pemerintah akan memberikan secara gratis kepada siapapun yang membutuhkan masker dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.


Oleh : Lia

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Menarik Lainnya

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    ×