Kuliah di Korea Harus Bisa Bahasa Korea?

Bagi kamu seorang pecinta all about Korea, pasti sudah mengimpikan untuk melanjutkan pendidikan di negeri gingseng ini. Benar atau tidak? Lalu, sudahkah membuat perencanaan pendidikan yang matang untuk mendapatkan sekolah terbaik di sana?

Pasti sangat sulit ya jika kamu membayangkan untuk tinggal di sana. Mungkin ekspektasi sudah sangat berbanding terbalik dengan realita yang ada. Salah satunya adalah mengikuti syarat yang diajukan. Pada umumnya, syarat untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri adalah mengikuti test kebahasaan.

Lalu, Bagaimana dengan syarat melanjutkan sekolah ke luar negeri seperti Korea?

Haruskah Mengikuti Les Bahasa Korea untuk Mengerti Bahasa Korea?

Seperti yang diketahui bahwa bahasa adalah alat pemersatu bangsa. Lalu, bagaimana jika kamu adalah pendatang yang belum menguasai segala hal yang berkaitan dengan kebudayaan di sana? Di mana pun kamu berada, mau tidak mau, kamu harus bersedia untuk mempelajari kebudayaan penduduk tersebut. Di mana pun kamu memutuskan untuk sekolah ke luar negeri, kamu harus mau dan terbuka terhadap kebudayaan mereka seperti salah satunya adalah budaya Korea.

Bahasa adalah bentuk kebudayaan yang nyata dan ini akan menjadi bagian darimu nantinya. Perlu kamu ketahui, penggunaan bahasa Korea bagi mahasiswa Internasional memang tidak diwajibkan. Namun, segala sesuatu akan menjadi lebih mudah jika kamu bisa menguasai bahasa mereka. Lebih lagi, kamu harus mengikuti tes pengetahuan bahasa sebagai syarat perkuliahan di Korea. Tes tersebut dinamakan tes TOPIK di mana sistemnya adalah seperti sistem tes TOEFL dan tes penguasaan bahasa lainnya.

Apakah Ada Alternatif Bahasa Lainnya?

Sebenarnya, tes bahasa Korea bukan satu-satunya tes bahasa sebagai syarat sekolah ke Korea. Kamu bisa mengajukan persyaratan sekolah ke luar negeri khusus pendidikan di Korea dengan memberikan sertifikat TOEFL atau IELTS. Salah satu kampus bisnis di Korea, Solbridge International School bahkan menggunakan bahasa Inggris full sebagai bahasa perkuliahan. Namun, kamu disarankan untuk mengikuti kelas bahasa Korea setelah diterima sebagai  mahasiswa di sana. Ini akan memakan waktu selama satu sampai dua tahun. Kelas bahasa Korea tersebut biasanya besifat gratis dan disediakan oleh universitas setempat.

So, Siapkah Kamu?

Kecemasan akan keterbatasan bahasa memang akan menghampirimu. Akan tetapi, alternatif lainnya adalah menguasai bahasa tersebut. Begitu juga ketika kamu memutuskan untuk sekolah ke luar negeri seperti Korea, kamu harus bersedia untuk menguasai bahasa mereka layaknya mereka menguasai bahasa Indonesia ketika mereka menginjakkan kaki di Indonesia. Kamu tidak perlu khawatir karena proses ini akan berlangsung secara bertahap. Beruntungnya, kamu bisa belajar bahasa Korea dengan penutur aslinya sehingga ini akan meminimalisir kesalahan dalam penggunaan bahasa Korea. So, siapkah kamu?

Meskipun tidak semua orang mudah mencerna bahasa, kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Kehadiran konsultan pendidikan seperti NIEC akan membantumu di sini. NIEC akan memberikan saran terbaik dalam menemukan kampus Korea yang bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa perkuliahan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi NIEC di www.niecindonesia.com.

Saat ini NIEC mengadakan program yang sangat menarik dimana kamu bisa mendapatkan uang tunai jutaan rupiah secara langsung tanpa diundi, hanya dengan merekomendasikan keluarga, teman, atau kenalan yang ingin kuliah di luar negeri. Ayo daftarkan dirimu dan rekomendasikan kenalanmu sekarang juga di ambassador.niecindonesia.com.

Ditulis Oleh Azmi Raudatul

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Artikel Menarik Lainnya

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    × How can I help you?