fbpx

Jaminan Dari Kampus dan Pemerintah Untuk Mahasiswa Indonesia Selama Masa Pandemik

image source : https://www.educations.com/articles-and-advice/covid-19-student-support-18351

Covid-19 menyerang siapapun dan dimanapun, bahkan virus ini sudah menyerang hampir semua Negara di dunia, termasuk Negara Turki dimana tak sedikit mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu disana. Menurut data yang dijabarkan oleh Sabah.com.tr, warga Turki yang telah terjangkit virus mematikan ini sudah mencapai angka 55.796 kasus dengan 1.296 orang dinyatakan positif Covid-19 dan 3.957 orang tercatat sedang dirawat dengan intensive.

Melihat perkembangan kasus yang agresif, Perhimpunan Pelajar di Turki, khususnya yang tinggal di Kayseri saling memberikan semangat positif satu sama lain selama masa pandemik ini. Dalam wawancara yang dilansir di www.edisi.co.id, Ahmad Abdurrahiem menjelaskan kondisi terkini bagaimana pemerintah dan pihak kampus menjamin kehidupan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Turki.


Pihak Kampus Mengalihkan Kegiatan Akademik Ke Kelas Online

Ketika pemerintah resmi memberlakukan sistem social distancing, pihak kampus langsung mengalihkan kegiatan belajar ke sistem kelas online. Semua mahasiswa diwajibkan belajar di rumah masing – masing meski beberapa dari mereka kesulitan beradaptasi dengan kelas online seperti ini, terutama mahasiswa asing termasuk mahasiswa Indonesia. 

image source : https://www.flexjobs.com/blog/post/entry-level-remote-teaching-jobs/

Pemerintah Memberlakukan Lockdown, Khususnya Untuk Pelajar Dibawah 20 Tahun

Meskipun lockdown telah diberlakukan, warga tetap diperbolehkan keluar rumah untuk keperluan sangat mendesak seperti kebutuhan pokok diluar sembako, maupun keperluan pekerjaan bagi mereka yang tidak ada pilihan lain selain harus bekerja di luar ruangan. 

Namun khusus untuk penduduk, lokal maupun pendatang, yang berusia dibawah 20tahun, pemerintah melarang keras untuk keluar rumah. Jadi, jika ada mahasiswa Indonesia yang belajar di Turki dan berusia 20 tahun, mereka wajib berdiam di dalam rumah hingga masa pandemik selesai. Namun karna pemerintah begitu sigap membagikan sembako secara gratis dan rutin, tentu hal ini tidak masalah.


Pemberian Makanan Pokok dan Masker Gratis

Karena adanya lockdown, pemerintah bertanggung jawab memenuhi kebutuhan seluruh warganya tanpa pandang bulu berapa usia, tingkat kesehatan, status sosial maupun finansialnya. Pemerintah secara rutin membagikan sembako atau bahan makanan pokok secara gratis, termasuk bagi mahasiswa asal Indonesia. 

image source : https://www.dailysabah.com/turkey/turkey-shows-solidarity-at-home-and-abroad-against-coronavirus/news

Dengan prosedur yang tidak rumit, mahasiswa hanya perlu menunjukkan kartu tanda penduduk atau nomor penduduk dan tanda tangan untuk mengambil sembako. Melihat bagaimana pemerintah dan kampus begitu tanggap menghadapi isu global ini, belajar di Turki bisa dipertimbangkan untuk kamu yang memiliki rencana belajar di luar negeri.

 

Oleh : Lia

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Menarik Lainnya

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    ×