Selamat datang di website NIEC bila kamu memiliki pertanyaan seputar sekolah keluar negeri maupun study tour jangan sungkan untuk bertanya langsung ke konsultan kami.

Cara Berhemat Ketika Sekolah di Luar Negeri

Cara berhemat ketika sekolah diluar negeri
Source : pexel.com

Perbedaan nilai tukar rupiah dengan mata uang asing selalu menjadi hambatan bagi mahasiswa yang bersekolah di luar negeri. Betapa tidak, secara otomatis hal tersebut membuat perbedaan harga seluruh kebutuhan hidup di sana. Hal ini tentunya akan menyulitkan para mahasiswa dalam mengatur keuangan. Lalu, adakah cara ampuh yang mampu mengatasi masalah keuangan ketika sekolah di luar negeri? Ya, berikut adalah cara atur keuangan ketika sekolah di luar negeri.

1.  Kenali Lingkungan dan Segala Hal yang berkaitan dengan Kegiatan Ekonomi di sana

Sekolah di luar negeri akan memaksamu untuk beradaptasi dengan seluruh kebiasaan di sana termasuk di bidang ekonomi. Upayakan untuk membandingkan kurs Indonesia dengan negara tujuan sekolah di luar negeri pilihanmu. Ini akan menolongmu mengondisikan biaya kebutuhan hidupmu nantinya.

2. Pahami Biaya Administrasi Termasuk Penggunaan ATM dan Hal Terkait

Jika di Indonesia kamu dapat melakukan tarik tunai sesukamu, negara sekolah di luar negeri pilihanmu tidak memberlakukan hal demikian. Lebih lagi, kamu harus siap untuk biaya administrasi setiap kali bertransaksi karena mesti menanggung biaya pertukaran kurs.

3. Bijak Menggunakan Kartu ATM

Meskipun jumlah uaang yang ada di ATM kamu saat ini sudah tidak terbendung, upayakan untuk tetap konsisten dalam melakukan penghematan. Jangan buru-buru menggunakan ATM untuk setiap transaksi
karena tidak masalah jika kamu mengantongi uang cash dalam jumlah yang banyak. Hitung-hitung untuk berjaga-jaga di negeri orang.

4. Peduli Terhadap Anggaran

Sekolah di luar negeri sangat memakan keuanganmu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, upayakan untuk membuat anggaran di setiap bulannya.

5. Memisahkan Tabungan

Ada baiknya kamu mengelola keuangan dengan cara memisahkan tabungan. Ini dilakukan agar kamu dapat mengelompokkan mana anggaran konsumsi dan mana anggaran persediaan.

6.  Jangan Melupakan Asuransi

Sekolah di luar negeri juga mengandung resiko tinggi akan terganggunya kesehatan. Untuk mencegah pengeluaran tambahan karena masalah kesehatan, kamu dapat mengikuti asuransi yang berlaku di negara sekolah luar negeri pilihanmu itu.

7.  Lengkapi dan Penuhi Kebutuhan Secara Mandiri

Ingatlah bahwa sekolah di luar negeri bukan agenda liburan dan menghambur-hamburkan uang. Kamu punya tujuan untuk menggapai pendidikan yang lebih baik. Itulah sebabnya kamu harus bijak dalam melengkapi kebutuhanmu. Gunakan seluruh kemampuanmu untuk menyediakan kebutuhan nutrisimu. Yakini saja bahwa makanan yang dibuat sendiri itu lebih higienis dan terjamin kebaikannya.

8.  Giat Dalam Mencari Penghasilan Tambahan

Sekolah di luar negeri akan membuatmu menggapai lingkup sosial yang lebih luas. Manfaatkan hal tersebut untuk menemukan berbagai peluang pekerjaan tambahan. Lebih  lagi, kamu bisa menggunakan link yang kamu miliki untuk mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri. Terbilang sulit memang, akan tetapi setiap orang pasti memiliki peluang yang sama untuk meraih beasiswa sekolah di luar negeri.

Nah, itulah beberapa cara atur keuangan ketika sekolah di luar negeri. Kamu juga bisa  menemukan cara lain seperti mencari beasiswa pendidikan khusus mahasiswa luar negeri. Nah, itulah beberapa hal yang disarankan oleh konsultan pendidikan di luar negeri. Jika kamu mengalami kesulitan yang berarti terkait pendidikan luar negeri, kamu cukup menghubungi konsultan pendidikan NIEC Indonesia. NIEC Indonesia adalah salah konsultan pendidikan luar negeri terbaik dengan pengalaman profesional lebih dari 9 tahun. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai NIEC Indonesia, kamu bisa langsung mengunjungi website NIEC di www.niecindonesia.com.