Selamat datang di website NIEC bila kamu memiliki pertanyaan seputar sekolah keluar negeri maupun study tour jangan sungkan untuk bertanya langsung ke konsultan kami.

5 hal yang bikin kamu "mikir" setelah lulus SMA

By : Fandy Hernanto

@alfandyworld

5 hal yang bikin kamu “mikir” setelah lulus sma

Selamat untuk kamu yang telah menyelesaikan masa putih abu-abu, dimana  berarti kamu akan memasuki fase berikutnya  dalam kehidupan. Eufuria kebahagiaan itu wajar-wajar saja, namun merayakan kelulusan dengan secukupnya itu jauh lebih  berharga, bukan? Akan banyak tantangan yang telah menantimu di depan sana. Tantangan yang pastinya membuat kamu lebih “mikir” dan kadang terjebak dalam jurang kebingungan yang penuh  tanda tanya. Lalu apa sajakah tantangan itu? NIEC Indonesia akan membantu kamu menguraikannya kedalam pertanyaan-pertanyaan  yang sering muncul setelah kamu lulus SMA.

Habis Lulus SMA, mau ngapain?

Ada dari kamu yang akan menjawab akan bekerja,ada pula yang menjawab akan melanjutkan study ke bangku kuliah. Namun banyak juga yang dari kamu sebenarnya masih ragu dan tak sedikit yang akhirnya hanya sekedar ikut – ikutan teman. Padahal yang harus kamu sadari bahwa masa depan itu sepenuhnya milikmu dan tanggung jawab pribadi yang baik – buruknya kelak akan kamu terima sendiri akibatnya. Jadi, masihkah mau ikut – ikutan teman? Ini yang mesti kamu pikirkan di awal.

Jika kuliah, mau jurusan apa?

Selamat! bagi kamu yang diterima di perguruan tinggi negeri dengan jalur SBMPTN undangan, namun jangan bersedih buat kamu yang belum cukup  beruntung. Banyak yang masih dilema, kalaupun mau melanjutkan untuk kuliah maka jurusan apa yang aku ambil? Tenang itu pertanyaan banyak orang sepertimu namun  sayangnya banyak yang akhirnya tak yakin dan akhirnya memilih jurusan yang tak sesuai ekspetasinya dulu. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu informasi sejelas-jelasnya tentang jurusan – jurusan di kuliah. Jangan sampai salah persepsi yang berujung pada ekspetasi tak sesuai kenyataan. Gali terus informasi dengan bertanya pada seniormu, guru atau googling.

Eits..sebelum menentukan jurusan, kamu perlu tahu minat kamu dimana?

Banyak yang keliru dalam menentukan study lanjutan dengan buru-buru mencari kampus mana yang terbaik dan jurusan mana yang lagi populer. Padahal yang perlu kamu lakukan pertama adalah mencari dimana minat kamu? Bagaimana caranya? Minat itu adalah sesuatu yang membuatmu tertarik untuk mempelajari dan mencari tahu soal bidang itu. Minat itu ada di dalam dirimu, jadi kamu tidak bisa ikut-ikutan teman kamu karena setiap orang memiliki minat tertentu. Minat dipengaruhi dengan kebiasaan dan apa yang sering kamu baca, lihat dan amati. Sudah tahu minatmu sekarang? Jika kamu masih bingung coba  kamu renungkan kembali hal-hal apa saja  yang kamu sukai dan sangat tertarik untuk mempelajarinya. Jangan lupa untuk cocokan dengan profesi yang sedang dibutuhkan sekarang dan kampus mana yang punya jurusan yang sesuai dengan minat kamu dan profesi yang kamu pilih itu.

Duh... beda pendapat dengan orang tua soal masa depan,gimana ya?

Kadang orang tua memiliki maksud baik namun kita yang sering salah paham menerimanya. Apalagi kalau urusan masa depan, kita sudah merasa paling tahu apa yang terbaik untuk kita. Padahal semua memang harus didiskusikan secara terbuka dengan orang tua. Karena bagaimanapun, jika kamu ingin melanjutkan kuliah, maka kamu perlu bantuan orang tua berupa support moral dan finansial di awal – awal kamu kuliah. Langkah terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan membuka dialog dengan orang tua. Siapkan penjelasan terbaik jika memang kamu sudah memiliki keputusan sendiri untuk masa depan. Minta pengertian dan support dari orang tua kamu. Biar bagaimanapun kamu tetap membutuhkan bantuan dari mereka untuk merangkai masa depanmu terutama untuk kamu yang memutuskan untuk melanjutkan study ke bangku kuliah.

Kampus indonesia atau kampus luar negeri?

Kita sadar bahwa sistem pendidikan di indonesia masih banyak yang belum support dengan profesi yang sedang dibutuhkan. Jika kamu sudah tahu minat kamu, mantap dengan profesi yang kamu pilih dan mendapat dukungan penuh dari orang tua, maka sudah saatnya kamu menentukan mau pilih kampus mana. Perbedaan kampus di indonesia dengan kampus luar negeri adalah kalau di perguruan tinggi di indonesia, kamu perlu ikut ujian masuk berupa SBMPTN atau ujian mandiri. Dimana yang ikut seleksi bisa puluhan ribu siswa dari seluruh indonesia. Jadi kamu masih memiliki peluang untuk tidak diterima dan terlempar ke kampus pilihan kedua. Berbeda dengan perguruan tinggi di luar negeri yang sangat open dengan siapapun yang ingin berkuliah disana. Kita hanya perlu mendaftarkan diri dan test bahasa inggris untuk menentukan level bahasa inggris kita, itupun hanya untuk memastikan berapa lama kita perlu mengikuti kelas bahasa inggris sebelum perkuliahan di jurusan yang kamu pilih. Jadi disana, kamu dipastikan lebih mudah untuk diterima. Kamu hanya perlu melengkapi dokumen dan visa keberangkatan. Jika kamu tidak mau ribet dan ingin tahu informasi lebih lanjut tentang kuliah di luar negeri, maka kamu bisa hubungi NIEC Indonesia di email info@niecindonesia.com atau kunjungi kantor terdekat untuk berkonsultasi dengan konsultan-konsultan terbaik dari NIEC Indonesia. Kami tunggu kedatanganmu ya guys!

Facebook
Google+
Twitter
WhatsApp
mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment