fbpx

4 Hal Ini Pasti Kamu Pelajari Jika Ingin Kuliah di Luar Negeri

image source : https://www.bccourier.com/huge-demand-for-global-travel-and-tourism-market-to-grow-significantly-by-2019-2026-focusing-on-leading-players-like-carnival-corporation-airbnb-inc-g-adventures-crown-resorts-ltd-tui-group/

Apa yang terbayang di pikiranmu ketika harus memilih antara kuliah di luar negeri dan kuliah di dalam negeri? Apakah standar pendidikan yang diberlakukan memiliki kesamaan? Tentu saja tidak. Seperti yang diketahui bahwa kuliah di luar negeri berpeluang mendapatkan pendidikan dan jaminan kerja terbaik.

Tertarikkah kamu?

Mungkin setiap siswa bercita-cita untuk mengenyam kuliah di luar negeri. Namun seperti yang diketahui bahwa kuliah di luar negeri memakan biaya yang tidak sedikit. Sehingga ini menjadi hal yang harus ditunda sebentar. Sebenarnya, dana kuiah di luar negeri tidak jauh berbeda dengan dana yang dihabiskan untuk pendidikan lanjutan swasta.

Perbedaan yang signifikan akan kamu temukan ketika membaca perbedaan sistem perkuliahan di luar negeri berikut ini.


Cara Pendaftaran

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu harus menyiapkan sederetan dokumen yang dibutuhkan. Ini juga akan melibatkan kehadiran konsultan pendidikan. Beberapa hal yang perlu kamu siapkan di antaranya adalah paspor, akta kelahiran, pas foto, Letter of Acceptance bagi kamu yang melanjutkan studi berikutnya, visa pelajar, surat bukti kesanggupan finansial, sertifikat IELTS atau TOEFL, dan laporan kesehatan. 

image source : https://www.metroparent.com/guides/college/apply/using-the-college-common-application-to-apply-for-college/

Gelar

Layaknya kuliah di Indonesia, kamu juga akan mendapatkan gelar begitu kamu lulus kuliah di luar negeri. Beberapa gelar tersebut adalah :

1. Associate Degree, bagi kamu yang sudah menamatkan kuliah di luar negeri setara D3.

2. Bachelor Degree, bagi kamu yang sudah menamatkan kuliah di luar negeri setara S1.

3. Master Degree, bagi kamu yang sudah menamatkan kuliah di luar negeri setara S2.

4. Doctoral Degree/ Doctorate, bagi kamu yang sudah menamatkan kuliah di luar negeri setara S3.

5. Joint Degree, bagi kamu yang sudah menamatkan kuliah di luar negeri di tempat yang berbeda dengan tempat pelaksanaannya.

6. Double Degree, bagi kamu yang sudah menamatkan kuliah di luar negeri dalam dua studi sekaligus.

Tentang Tes Yang Harus Dilewati

image source : https://theconversation.com/can-aptitude-tests-pick-the-right-students-for-university-14770

Seluruh test yang kamu lewati nantinya bergantung pada program yang kamu pilih. Secara pasti, kamu akan diminta bukti keikutsertaan test bahasa Inggris seperti TOEFL ataupun IELTS, hingga test bahasa lainnya. Ini juga terkait dengan opsi negara yang kamu pilih.

 

Program Kuliah

Pada umumnya, kuliah di luar negeri memiliki tiga pilihan program. Di antaranya adalah undergraduate, postgraduate, dan doctoral. Ini setingkat strata satu, strata dua, dan strata tiga.

Itulah empat hal yang akan kamu temui nantinya jika kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Semua akan lebih mudah apabila kamu melibatkan NIEC dalam merencanakan pendidikanmu. Kamu bisa dengan bebas berkonsultasi untuk menentukan arah pendidikanmu. Yuk segera kunjungi NIEC di www.niecindonesia.com.


Oleh : Azmi

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Menarik Lainnya

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    ×