Question and Answer NIEC

FQA

1. Bagimana caranya bisa sekolah ke Luar Negeri?

Beberapa sekolah mewajibkan student nya untuk melengkapi IELTS dengan rata – rata min 5.5 (jika Diploma), dan 6 – 7 (jika Bachelor) sesuai dengan jurusan yang akan di ambil, namun ada beberapa sekolah yang bisa menggunakan English Test yaitu : untuk menentukan level bahasa inggris dari calon student yang medaftarkan, dan dari hasil English Test akan di tentukan apakah student tersebut memerlukan kelas ELICOS di awal atau tidak, dan jika di perlukan dari pihak kampus akan menentukan berapa minggu nya siswa tersebut untuk mengambil ELICOS di awal sebelum masuk ke kelas jurusan, dan untuk English Test ini Gratis tanpa biaya dan bisa di lakuan di kantor NIEC dengan durasi 2 sampai 3 jam.

2. Bisa di jelaskan bagaimana langkah pengurusan student Visa ? dan berapa lama kira – kira proses nya dari awal sampai keluar visa?

Step nya untuk student Visa :

  1. English Test (PLACEMENT TEST ATAU IELTS/TOEFL
  2. Meeting Letter of Offer yang berisikan hasil test dan rincian biaya yang harus di siapkan oleh student
  3. Pengumpulan & translate dokumen
  4. Mengajukan Visa & Medical Check Up
  5. Training interview Visa
  6. Departure Briefing

Proses student visa dari awal sampai dengan visa di dapatkan kurang lebih perkiraan 3 – 5 bulan.

3. Bagaimana untuk jadwal kuliah di Luar Negeri?

Untuk jadwal kuliah General English (ELICOS) jadwal sekolah nya adalah: Senin sampai dengan Jum’at jam nya biasanya dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang, dan jika sudah masuk kelas jurusan biasa nya jadwal kampus dalam 1 minggu 2 sampai  3 kali.

4. Berapa biaya konsultasi?

Untuk konsultasi kami tidak mengenakan biaya, karena konsultasi adalah bagian dari services yang di berikan oleh NIEC.

5. Apa yang harus di siapkan untuk mendaftar sekolah di Luar Negeri?

Passport, Ijazah, Certificate IELTS atau Hasil English Test.

6. Apa saja yang harus di siapkan untuk Applikasi Visa?

Passport, KTP, Akta Lahir, Kartu Keluarga, Ijazah + transkrip SMA/SMK dan kuliah jika sudah mengambil kuliah, Digital Photo 4×6 (latar putih), Curriculum Vitae dengan History yang lengkap dan jelas, certificate training/magang yang pernah di dapatkan, Statement Letter (yang berisi mengenai pernyataan dari siswa yang di dalam nya berisi : tujuan sekolah ke negera tersebut, kota, jurusan, future setelah tamat dari kuliah di Luar Negeri), Guarantee Letter atau Business Plan (bisa di pilih salah satu) jika Guarantee Letter adalah : Jaminan pekerjaan  yang di berikan oleh perusahaan untuk student . Business Plan adalah : Artikel atau proposal yang di buat oleh student dengan future nya akan membuat suatu usaha sendiri setelah menyelesaikan study nya di Luar Negeri.

7. Bagaimana jika visa saya di tolak?

Jika sampai visa di tolak, maka uang yang bisa kembali adalah uang sekolah + asuransi kesehatan yang sudah di bayarkan ke kampus, namun nanti akan di potong oleh biaya enrolment fee dari kampus dan waktu pengembalian adalah 30 – 40 hari kerja.

8. Berapa biaya sekolah di Luar Negeri?

Untuk kampus memiliki 3 pilihan :

  1. University : University mempunyai jenjang dari Diploma, Bachelor hingga Master dengan biaya uang sekolah min $11.000/semester
  2. TAFE (Government school) : TAFE adalah jenjang untuk Diploma dan beberapa yang ada juga yg hingga Bachelor, dengan min biaya uang sekolah untuk Diploma $6.000/semester
  3. College : Ini jenjang untuk setara dengan Diploma, dengan min biaya uang sekolah nya $3.000/semester

9. Bagaimana sistem pembayaran uang sekolahnya?

Uang sekolah dapat di cicil dengan sistem : Bulanan, 3 bulanan, atau 1 semester dengan ketentuan dari pihak masing – masing kampus atau dengan sistem namanya adalah Payment Plan.

10. Siapa yang mengawasi anak saya ketika sekolah di Luar Negeri?

Biasanya dari kami ketika anak sudah mendapatkan Visa atau saat proses visa akan di lakukan, dari NIEC akan memberikan contact student kami yang sudah ada di Luar Neger, gunanya adalah untuk bisa saling sharing dan ketika anak tersebut sudah di Luar Negeri mereka sudah punya teman atau kerabat disana. Dan dari pihak NIEC akan selalu memantau setiap student disana dan selalu membantu jika mereka mengalami kesulitan.

Sekolah dan pemerintah setempat akan juga mengawasi siswa disana. Jika siswa tidak hadir di sekolah lebih dari 20%, maka akan di beri “warning letter” dan akan di laporkan ke pihak immigrasi. Jika siswa tidak serius sekolah dan selalu gagal dalam ujian/exam dalam beberapa kali kesempatan, maka pihak sekolah berhak untuk melaporkan ke immigrasi. Dan semua nya itu akan berakibat pada deportasi/pencabutan visa pelajar.

Tentunya, semua proses ini akan di komunikasi selalu oleh pihak sekolah kepada NIEC dan orang tua.

11. Bagaimana agama disana?

Untuk agama, dari student kami yang sudah berada disana. Mereka tetep selalu bisa menjalankan agama mereka masing – masing disana. Sekolah di luar negeri menijinkan siswa nya untuk melakukan ibadahnya masing masing dan sangat menghormati perbedaan yang ada. Tempat tempat ibadah juga ada di masing masing kota besar.

12. Bagaimana pergaulan hidup disana?

Untuk pergaulan, dari kami memang tidak bisa memberikan jaminan 100% jika student disana tidak akan melihat pergaualan bebas. Jangankan kuliah di Luar Negeri, sekolah di dalam negeri pun tidak ada yang bisa menjamin anak 100% tidak akan mengetahui dunia malam. Namun selama ini NIEC sudah berdiri 7 tahun, kami tidak pernah mendapatkan laporan jika siswa kami berdampak negatif disana. Namun salah satu services dari NIEC adalah memberikan Departure Brefing kepada siswa yang akan berangkat ke Luar Negeri, dalam Departure Brefing ini semua akan kami informasikan kepada siswa baik dan buruknya di Luar Negeri jadi mereka sudah memiliki gambaran ketika mereka akan pergi ke Luar Negeri.

13. Siapa yang menyiapkan tempat tinggal disana?

Mengenai tempat tinggal dari NIEC akan membantu dengan pilihan Homestay, yaitu student akan tinggal bersama orang tua dari orang citizen yang sudah mempunyai izin untuk fasilitas Homestay. Dan homestay juga sangat membantu untuk awal student sampai disana untuk pengenalan budaya dll, biasa nya dari NIEC akan merekomendasikan Homestay untuk min 2 minggu, setelah itu siswa dapat berpindah ke Apartement Sharing bersama dengan siswa atau teman mereka disana.

14. Transportasi apa saja yang di gunakan disana?

Disana lebih banyak menggunakan public transport yaitu : Bus, train dan traim. Namun terbiasa siswa kami disana ada juga yang menggunakan sepeda atau skateboard untuk berpergian.

15. Berapa biaya hidup disana?

Untuk Apartement Sharing dengan jumlah anggota dalam 1 apartment (4 orang) : $120/minggu

Untuk Homestay perminggu nya adalah $240/week dengan sudah include makan sehari 2 kali dan pada saat weekend 3 kali.

16. Apakah siswa International bisa bekerja?

Untuk Negera Australia, Canada dan New Zealand : Regulasi mereka mengenai student Visa, memperbolehkan student visa bekerja 20jam/minggu nya. Tapi ketika masa liburan sekolah student di perbolehkan untuk bekerja full time (tanpa batas).

17. Berapa rata – rata pendapatan kerja disana?

Untuk sallary di Australia rata rata min $17.4/jam, Canada $11 – 13/jam, dan New Zealand $15.4/jam.

18. Apakah siswa bisa pulang ke Indonesia sewaktu – waktu?

Siswa di perbolehkan pulang ke Indonesia kapan saja, namun ketika saat masa study dan siswa harus pulang ke Indonesia dengan alasan yang sangat Urgent, maka siswa harus meminta izin ke pihak kampus untuk bisa pulang ke Indonesia. Namun ketika masa liburan sekolah siswa mau pulang ke Indonesia di perbolehkan tanpa harus izin ke kampus.

19. Bagaimana jika siswa harus membatalkan sekolah mereka secara mendadak?

Jika siswa sudah melaukan pembayaran awal di sekolah di awal dan berjalan waktu siswa membatalkan sekolahnya maka siswa bisa mengclaim kembali uang sekolah yang sudah di bayarkan namun tentunya ada kebijakan dari kampus yang harus di lihat oleh siswa, salah satunya adalah uang sekolah tidak kembali 100% seperti case dari Visa di tolak oleh Embassy.

20. Berapa financial uang di tabungan yang harus di siapkan dalam aplikai visa? dan apa itu Financial Sponsor?

Dokumen Financial adalah dokumen keuangan dari Orang tua atau Family yang masih satu darah. Dokumen Financial dengan berupa Buku Tabungan yang stabil dalam 3 bulan terakhir (rek sehat yang dlm 3 bulan kebelakang tidak ada penarikan atau dana masuk yang sangat mencolok) atau Deposito dengan jangka waktu min 3 – 6 bulan kedepan. Dana yang harus ada min Rp 350.000.000 – 450.000.000.

21. Bagaimana kualitas pendidikan di Luar Negeri?

Untuk kualitas sekolah di Luar Negeri  sangatlah baik, karena pendidikan di sana tidak hanya mempelajari teori saja namun melaikan praktek juga. Dan yang sangat penting adalah siswa dapat berkomunikasi secara terus menerus menggunakan bahasa inggris yang tidak bisa kita temui di Indonesia. Jadi selama anak di Luar Negeri penggunaan bahasa inggrisnya jauh akan lebih baik dan ketika dia balik ke Indonesia, siswa sudah punya skill dalam berbahasa inggris secara aktif dengan min 2 tahun study di Luar Negeri. Dan perlu di garis bawahi untuk nanti nya siswa ingin melamar pekerjaan khususnya di Indonesia tanpa ada nya pengalaman maka siswa tentunya akan mengalamai kesulitan, jadi pengalaman skill dan bahasa itu sangat penting.

Qualitas pendidikan sekolah di luar negeri juga di awasi oleh pemerintah setempat. Jadi tidak sembarangan sekolah bisa membuka atau mendapatkan ijin sekolah dari pemerintah setempat. Semua siswa juga dapat melaporkan ke pemerinta setempat jika di dapati sekolah sekolah yang tidak menjalan kualitas pendidikan yang baik.

22. Apakah NIEC membantu mencarikan pekerjaan di luar negeri?

Niec tidak membantu ataupun meng-guarantee pekerjaan di luar negeri. Kami adalah education consultant yang focus untuk membantu mencarikan dan mendukung sekolah di luar negeri. Untuk pekerjaan di luar negeri, setiap sekolah biasanya mempunyai department khusus yang menangani/membantu siswanya untuk mendapatkan pekerjaan part time. Student bisa menggunakan fasilitas ini di sekolah masing – masing.

Disamping itu, NIEC akan memberikan persiapan sebelum berangkat dengan memberikan pelatihan interview, membuat CV dan link dimana siswa bisa mencari pekerjaan secara online.